lanjutan ...... MA’RIFATUL INSAN

>> Wednesday, March 3, 2010

 sebelumnya

2. Isi dasar manusia
Dari bahan yang sangat rendah tersebut, kemudian Allah mengisinya dengan sesuatu yang sangat tinggi nilainya. yaitu ruh Nya.
Sebagaimana firman Nya :


Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan ke dalamnya roh (ciptaan)-Nya dan Dia menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati; (tetapi) kamu sedikit sekali bersyukur.(As Sajdah :9)

Dengan demikian manusia memiliki hubungan yang sangat dekat sekali dengan Allah karena manusia diberi ruh Nya.

Dari dua asal yang berbeda ini menunjukan adanya dua hal yang berbeda. Jasad manusia yang diciptakan dari bahan dasar tanah maka memiliki kecenderungan yang sangat kuat kepada tanah, yaitu :



Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga).(Ali Imran :14)

Sedangkan ruh (jiwa) yang berasal dari Allah, maka ia juga memiliki kecenderungan kepada kebutuhan terhadap petunjuk Allah yaitu Ad dien, jalan menuju takwa.


Katakanlah: "Inginkah aku kabarkan kepadamu apa yang lebih baik dari yang demikian itu?". Untuk orang-orang yang bertakwa (kepada Allah), pada sisi Tuhan mereka ada surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai; mereka kekal didalamnya. Dan (mereka dikaruniai) isteri-isteri yang disucikan serta keridhaan Allah. Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Ali Imran :15)



selanjutnya

0 comments:

Post a Comment

Teman

http://semodir.blogspot.com/. Powered by Blogger.

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP