POTENSI DASAR MANUSIA

>> Monday, March 8, 2010

Allah menciptakan manusia dengan memberikan kelebihan dan keutamaan yang tidak di berikan kepada makhluk lainnya. Kelebihan dan keutamaan itu, berupa potensi dasar yang disertakan Allah atasnya, baik potensi internal (yang terdapat dalam dirinya) dan potensi eksternal (yaitu potensi disertakan Allah untuk membimbingnya). Potensi ini adalah modal utama bagi manusia, untuk melaksanakan tugas dan memikul tanggung jawabnya. Oleh karena itu, potensinya harus diolah dan didaya gunakan dengan sebaik baiknya, sehingga dapat menunaikan tugas dan tanggung jawabnya dengan sempurna.

1. Potensi Internal
Potensi Internal ialah potensi yang menyatu dalam diri manusia itu sendiri, terdiri :

a. potensi fitriyah

Manusia diberikan oleh Allah potensi fitriyah. Makna fitrah ialah al-Islam. Sebagaimana yang kita pahami dalam ayat dibawah ini :


Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama Allah; (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada peubahan pada fitrah Allah. (Itulah) agama yang lurus; tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui,(Ar Ruum :30)

Dengan demikian, pada diri manusia sudah melekat (menyatu) satu potensi kebenaran (dienullah). Kalau ia gunakan potensinya ini, ia akan senantiasa berjalan diatas jalan yang lurus. Karena Allah telah membimbingnya semenjak dalam alam ruh (dalam kandungan) . Seperti tertera dalam ayat dibawah ini :


Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)", (Al A'raf :172)


bersambung ...........


0 comments:

Post a Comment

Teman

http://semodir.blogspot.com/. Powered by Blogger.

  © Blogger template Simple n' Sweet by Ourblogtemplates.com 2009

Back to TOP